Contoh penggunaan pupuk bioslury cair

0
381

Mengingat masyarakat di Pasirwangi pada umumnya, dan 5 desa dampingan pada khususnya ada petani sayuran, maka sangat diperlukan sebuah percontohan, bagaiman melakukan pertanian dengan menggunakan pupuk alami. Terutama pupuk dari ampas biogas yang sudah memberikan hasil dan manfaat untuk para santri di Pondok Pesantren Sururon, Desa Sari Mukti.

Kini dicoba membuat percontohan pertanian, dengan menggunakan pupuk slury, dan tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

Semua akan dilihat, diamati, dilakukan perawatan ala kadarnya, seperti pertanian sayur lain. Semua akan dilakukan perhitungan, permodalan, untung ruginya. Sehingga percontohan ini dapat menjadi bahan diskusi ketika melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Gambar bawah adalah hasil tumbuhan bawang sebulan kemudian, setiap minggu disiram dengan pupuk slury cair, dengan perbandingan 1 Slury, dicampur 10 liter air.

Sementara dicoba dengan tanaman daun bawang, tanaman yang umur pendek, dan sudah dapat dipanen. Sebagai pembanding, dilakukan penanaman yang tidak menggunakan bioslury. Selain itu sebagai pembanding juga menggunakan petani lain yang melakukan penananamn daun bawang atau pokcay. Percobaan ini akan dilakukan terus menerus, dengan berbagai tanaman yang cepat menhasilkan, tidak banyak memerlukan modal, terutama pupuk dan pestisita, untuk mengurangi kesehatan lingkungan.

Selama bulan Juni, telah dicoba (hasil sementara dari pengamatan), terlihat tumbuhan “pokcay” terlihat lebih subur dan cepat pertumbuhannya, dari pada tanaman yang menggunakan pupuk kimia.

Demplot percontohan ini, baru sementara, untuk memperlihatkan para petani, bahwa tumbuhan yang menggunakan pupuk slury, hasilnya lebih baik dan tumbuhan lebih cepat. Selain itu dari sisi penghematan dana, untuk membeli pupuk dan pestisida, juga belum diperhitungkan. Berapa penghematan yang dilakukan selama uji coba ini.

Harapannya dalam kegiatan Q3, sudah terlihat ujicoba penanaman sayuran yang dilakkan, dan masyarakat bertahap dapat menerapkan pemanfaatn slury dan meninggalkan pupuk kimia. Semoga !

BAGIKAN
Artikulli paraprakSikap Pemandu Ekowisata
SelanjutnyaPelatihan Biogas

TINGGALKAN KOMENTAR