Jenis-jenis Energi Terbarukan

0
499

Salah satu penyebab terjadinya pemanasan global adalah penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi dan batu bara) yang saat ini telah melampaui batas, sehingga karbondioksida (CO²) memadat pada lapisan ozon sehingga sinar matahari tidak dapat memantul kembali keluar angkasa. Namun berpantul kembali ke bumi dan menjadikan suhu semakin panas.

Sumber energi terbarukan menjadi alternatif untuk menjawab permasalahan pemanasan global. Sumber energinya ada di lingkungan sekitar kita, menggunakan teknologi yang sederhana dan ramah lingkungan, serta sumber energinya pun berkelanjutan dan tidak akan habis. Energi energi terbarukan tersebut beragam jenisnya.

Energi surya, energi surya adalah energi yang dihasilkan dari memanfaatkan sinar matahari. Ada dua macam teknologi dalam pemanfaatan energi surya, yaitu teknologi fotovoltatik (PV) dan teknologi termal. Teknologi PV dapat mengubah sinar radiasi surya menjadi listrik. Teknologi termal menyerap panas matahari dengan alat kolektor surya kemudian dialihkan menjadi listrik.

Energi biomasa, merupakan material biologis yang dapat digunakan sebagai bahan bakar, baik secara langsung, maupun dengan melewati proses. Biomasa tidak mencangkup material yang diproses secara geologis seperti batu bara dan petroleum. Biomasa lebih mengedepankan penggunaan energi dari bahan organik seperti sampah dan kotoran hewan yang umumnya dianggap sampah.

Energi Air, energi air sudah memiliki sejarah panjang di negara kita, sampai sekarang masih banyak PLTA yang menopang kebutuhan listrik di daerah. Klasifikasi PLTA dapat dikelompokan menjadi beberapa macam, antara lain Pico Hydro, Micro Hidro, Mini Hydro, Small Hydro, dan Large Hydro.

Yang terakhir adalah energi angin. Energi angin dapat diubah kedalam dua bentuk energi yaitu energi listrik dan mekanik. Energi listrik tentu dapat digunakan untuk kebutuhan listrik rumah tangga sehari hari. sedangkan energi mekanik dapat membantu meringankan kegiatan sehari-hari penggerak pompa air yang mengairi sawah, serta mengalir tempat air minum rumah tangga dan kebutuhan minum ternak.

Semakin bertambahnya populasi manusia, semakin tinggi pula kebutuhan terhadap sumber energi. Suatu saat minyak bumi, batu bara, gas alam, dan sejenisnya akan habis.

TINGGALKAN KOMENTAR