Keunikan yang Terdapat di Alam

0
155

Alam memiliki banyak kerahasiaan makna yang belum terkuak, arti dalam kehidupan baik bagi alam itu sendiri, dan bagi mahluk hidup di dalamnya, serta manusia sebagai kholik di muka bumi. Hutan tropik memiliki keunikan dan keanehan yang jarang kita temui dalam kehidupan sehari hari, seperti suara dan cahaya.

Ditengah rimba, kadang kadang terdengar suara-suara yang aneh dan membuat orang bertanya tanya, bahkan bagi yang mempercayai seringkali dikaitkan dengan suara-suara gaib. Nyatanya terkadang suara-suara tersebut dihasilkan oleh alam itu sendiri, seperti suara ketokan, suara ketokan seperti orang mengetuk pintu biasanya dihasilkan oleh burung pelatuk yang sedang mencari makan dari selah selah pohon, atau burung yang sedang membuat lubang sarang.

Masih banyak suara suara unik yang dihasilkan oleh alam, seperti suara gemuruh yang terjadi di dalam hutan seperti pohon rubuh. Jika suara ini didengar di daerah hutan dengan banyak satwa arboreal (primata) khususnya yang berkelompok, pergerakan mereka dari satu pohon ke pohon lain menimbulkan suara ini, atau bisa juga suara pohon mati yang dirubuhkan oleh orangutan jantan untuk menantang orangutan jantan lainnya.

Pada malam hari sering terlihat cahaya yang bergerak atau berdiam diri. Cahaya ini dihasilkan oleh binatang ,tumbuhan, atau jamur tertentu. Cahaya tersebut dapat berwarna kuning kehijauan, atau kadang-kadang ungu, cahaya-cahaya tersebut antara lain adalah pantulan cahaya dari mata binatang malam yang sedang beraktifitas, serangga seperti kunang-kunang, fosfor jamur yang sedang membusukan tanaman, plankton, bahkan buah-buah tertentu.

TINGGALKAN KOMENTAR