MengCLONING Pusat Pendidikan Konservasi Bodogol di Tahura Pocut Meurah Intan Saree Aceh Besar

0
214

Tahura Pocut Meurah Intan Saree Aceh BesarPerubahan iklim, telah menampakan akibatnya. Iklim berubah, cuaca berubah, dan tentu pilar kehidupan juga turut berubah. Ekonomi, transportasi darat laut dan udara semua mengalami gangguan. Tak luput dari penyakit juga semakin beragam. Memang telah nampak tanda-tanda kerusakan di permukaan bumi ini, akibat ulah manusia. Sehingga manusia perlu beradaptasi terhadap semua perubahan, dan melakukan mitigasi untuk mengurangi perubahan iklim itu.

Salah satu untuk mengurangi perubahan ini adalah komunikasi, edukasi dan kampanye penyelamatan lingkungan. Ketidaktahuan, ketidakpahaman mengenai perubahan iklim itu, akibat kurangnya sosialisasi. Sehingga program ini sangat diperlukan untuk menyebarluaskan pengetahuan ini ke berbagai lapisan masyarakat.

Pengalaman mengembangan PPK Bodogol telah menjadi pengalaman yang menarik untuk memberi kesadaran dan pembelajaran mengenai berbagai kegiatan yang terkait dengan pelestarian alam dan lingkungan hidup. Pengalaman ini lah yang akan ditularkan di Tahura Pocut Meurah Intan Saree Aceh besar yang berjarak kurang lebih 75 Km dari pusat kota Banda aceh.

Taman Hutan Raya (grand forest park) merupakan salah satu kawasan pelestarian alam selain Taman Nasional dan Taman Wisata Alam. Sebagai kawasan pelestarian alam, Taman Hutan Raya (Tahura) memiliki tujuan untuk koleksi tumbuhan dan atau satwa yang alami atau buatan, jenis asli atau bukan asli, yang dimanfaatkan bagi kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, menunjang budidaya, budaya pariwisata dan rekreasi. Bentuk pelestarian alam yang terkombinasi tersebut sekaligus menjadi etalase keaneka ragaman hayati yang mulai langka dan terancam keberadaannya. Dengan luas 6.300 hektar dan tingkat kunjungan yang sangat baik tahu 2014 mencapi 3.000 orang, sedangkan tahun 2015 dipertengahan bulan mei sudah mencapai 8,000 orang. Sangat potensi untuk diberikan pengetahuan dan penyadaran tentang lingkungan.

Untuk itulah sedang disiapkan fasilitator, edukator yang dapat memfasilitasi, mendampingi dan menyampaikan pesan konservasi kepada semua pihak, dengan berbagai cara, metode dan kemasan program yang menyenangkan dan mudah dimengerti, Harapanya kelak.