Monitoring Penanaman Universitas Terbuka : “Hijaukan Pesisir Perkuat Benteng Maritim”

0
7538

Monitoring penanaman mangrove tahap ke 2 dilokasi Muara Jenggalu Bengkulu dilaksanakan pada tanggal 7 April 2014. Sehari sebelum monitoring anggota komunitas melakukan pemasangan plank Restorasi Mangrove.

Sebelum ke lokasi tim monitoring bertemu di kampus UT dan bertemu dengan kepala UPBBJ Bengkulu Bp. Dr.H Sugilar bersama beberapa staff.

Pukul 11:00 tim monitoring berangkat menuju lokasi penanaman.

Dari pihak UT pusat didampingi Dra Tetty Rachmi, M.Pd  dan dari UPBBJ Bengkulu di dampingi Ibu Lisna Asnawati dan bp Risman sedangkan dari YAPEKA di dampingi Agung, bp Ismail dan Imam dari PILAR serta anggota Komunitas Mangrove Bengkulu.

Presentasi kematian bibit mangrove 15-20% dari 10.000 bibit yang terdiri dari 3 jenis Rhizopola Apiculate 6000 bibit, Brugueira Gymnorrhizo 1000 bibit dan Ceriops Tegal 3000 bibit. selebihnya tumbuh dengan baik. Tinggi rata rata bibit mencapai 40 – 50 cm.

Setelah rentetan kegiatan penanaman mangrove di beberapa daerah, pada tanggal 30 april 2016, dari pihak UT pusat akan melakukan serah terima baik pada masyarakat, penggiat maupun komunitas mangrove.