Pelatihan Biogas

0
427

Pelatihan dan atau On Job Training (OJT) diikuti oleh 3 (tiga tukang) di desa Sarimukti. Pembangunan  dilakukan pada lahan ponpes, dan sumber kotoran akan diambil dari peternak yang ada di desa tersebut.

Dalam pengenalan dalam pembangunan biogas tersebut, lebih difokuskan kepada bagaimana “membaca” skema atau gambar degester biogas. Selain itu juga menentukan letak dimana lubang masuk dan keluar, membuat kubah, hingga pemasangan pipa untuk rumah. Harapanya tukang yang ada di Desa Sarimukti khususnya dan Kecamatan Pasirwangi pada umumnya, telah memiliki tenaga yang terampil dalam membangun biogas.

Pembangunan Demplot Biogas

Pada mulanya, yang direncanakan dalam pembangunan demplot biogas di dalam program ini adalah dengan ukuran 4 m3. Namun melihat kebutuhan akan bahan bakar untuk dapur umum yang digunakan lebih dari 50 santri yang masak di dapur umum, maka diputuskan untuk membangun dengan ukuran 6 m3.

Pembangunan dimulai pada tanggal 19 – 28 Maret 2016 sampai dengan Tanggal 29-30 Maret 2016, dilakukan pengisian dengan kotoran ternak, di mana sebelumnya sudah mengumpulkan kotoran selama proses pembangunan desgester. Harapanya seminggu kemudian degester tersebut sudah menghasilkan gas untuk keperluan dapur umum, untuk santri pria dan santri wanita.

TINGGALKAN KOMENTAR