Pelatihan Cagar Biosfer Cibodas

0
398

5 Pel cagar biosfeer cibodasPembangunan pengelolaan cagar biosfer cibodas merupakan upaya sadar untuk memperbaiki keseimbangan konservasi keanekaragaman hayati dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkelanjutan yang dilaksanakan oleh pemerintah bersama masyarakat atau dilakukan masyarakat yang difasilitasi pemerintah. Didalam menuju pembangunan pengelolaan cagar biosfer cibodas tersebut, The International Tropical Timber Organization (ITTO) bersama dengan Yapeka dan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (BBTNGGP) menyelenggarakan Training of Trainer “Pembinaan dan Peningkatan Kapasitas Tenaga Penyuluh Pengelolaan Cagar Biosfer Cibodas Lingkup Kelompok Masyarakat Daerah Penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango” pada tanggal 11 – 13 & 14 – 16 Febuary 2013.

 

Kegiatan ini diikuti oleh enampuluh orang peserta dari perwakilan masyarakat di wilayah penyangga Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dimana perwakilan masyarakat ini merupakan perwakilan dari : Guru (Pendidik), Tokoh Agama (Ustadz), Ibu-ibu PKK, Kelompok Tani, Kader Konservasi, Polhut dan PEH. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan di Pusdiklat Karya Nyata Cinagara, Caringin, Kabupaten Bogor dan secara resmi dibuka oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Bapak Ir. Herry Subagiadi, M.Sc.

 

Kegiatan pelatihan ini menerapkan metode pendekatan melalui tehnik penyuluhan dengan materi pelatihan yang terdiri dan teori dan praktek lapangan. Materi pelatihan tersebut diantaranya adalah :  Bina Suasana Pelatihan/Dinamika Kelompok, Tehnik-Tehnik Fasilitasl Pendamping, Konsepsi/Tahapan Pemberdeyaan Masysrakat, Kebijakan Pengelolaan Gagar Biosfer Cibodas, Fasilitasi Pendampingan Masyarakat dalam Pembangunan Berkelanjutan, Pengenalan Alat dan Thnik PRA, Tehnik Pembentukan Kelembagaan Pengelolaan Cagar Bioster Cibodas, Mengenal Nilai Penting konservasi Keanekaragaman Hayati, Seni Memfasilitasi Masyarakat Desa, Penyusunan Rencana Kegiatan Penyuluhan Bersarna dengan Masyarakat, dan Kunjungan Lapangan.

 

Melalui program pembinaan dan peningkatan kapasitas tenaga penyuluh pengelolaan cagar biosfer cibodas, khususnya bagi kelompok masyarakat daerah penyangga merupakan bagian terpenting dengan harapan akan adanya peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat di desa dalam hal konservasi keanekaragaman hayati dan pernbangunan berkelanjutan yang bertanggung jawab untuk menuju pada peningkatan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.