Pemetaan kawasan koridor Halimun Salak

0
405

Melihat peta dan mengecek langsung di lapangan, baik batar luar Blok Cipicung dan batas sub blok. Pemetaan di lapangan dilakukan, setelah ada kesepakatan dari pertemuan dengan kelompok.

Setelah melakukan perencanaan bersama dengan masyarakat, maka diperlukan pemetaan di lapangan. Tujuan pemetaan di lapangan itu, untuk melihat batas-batas dengan blok lain, atau cek langsung di lapangan dengan peta yang sudah di dapat. Anggota masyarakat yang memahami lokasi atau kawasan adalah Asri (panggilan sehari-hari Aas), sehingga dalam kegiatan ini mempermudah dalam penanaman yang direncanakan, baik sub blok ataupun kontour yang ada di lapangan.

Pemetaan di lapangan mendapat dukungan dari pihak TNGHS meliputi peta-peta yang terkait dengan rencana penanaman di koridor TNGHS yang kemudian di overley terhadap citra Worldview 2010.  YAPEKA secara resmi melakukan koordinasi dan sosialisasi terlebih dahulu dengan  pihak TNGHS.  Selanjutnya untuk kebutuhan lapangan, YAPEKA mendapatkan bahan-bahan berupa peta yang kemudian diolah untuk dipergunakan pelaksanaan kegiatan.

Peta-peta yang sudah di overlay, dan dibuat-blok-blok, diperbanyak dan disosialisasikan kepada masyarakat, serta melakukan pengecekan di lapangan untuk menentukan batas blok-blok agar mudah dalam penananam, perawatan, penyulaman dan pengecekan tingkat pertumbuhan. Dengan demikian pemetaan di lapangan bersama masyarakat dapat dipahami, baik tim YAPEKA dan kelompok masyarakat yang nantinya akan melakukan penanaman sampai perawatan ke depan.

BAGIKAN
Artikulli paraprakPelatihan Biogas
SelanjutnyaPendidikan lingkungan

TINGGALKAN KOMENTAR