“Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Berbasis Masyarakat dan Jejaring DPL di Minahasa Utara dan Sangihe

0
1289

Sebuah lokalatih bertema “Pengelolaan Sumber Daya Pesisir Berbasis Masyarakat dan Jejaring DPL di Minahasa Utara dan Sangihe” telah dilaksanakan pada tanggal 27-28 Juli 2016 di Desa Bahoi, Likupang Barat, Minahasa Utara. Lokalatih ini mengundang peserta dari 5 kampung di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan 6 desa di Kabupaten Minahasa Utara. Peserta dari Kabupaten Kepulauan Sangihe antara lain perwakilan kampung dari Bukide, Bukide Timur, Nusa, Batuwingkung, dan Lesabe. Sedangkan peserta dari Kabupaten Minahasa Utara antara lain perwakilan desa dari Bahoi, Tarabitan, Bulutui, Lihunu, Tambun, dan Talise.

Tujuan lokalatih ini adalah sebagai wadah antar desa/kampung untuk berbagi pengalaman seputar DPL dan pengelolaan sumber daya pesisir. Khususnya, sebagai sarana pembelajaran bagi peserta dari Kabupaten Kepulauan Sangihe yang ingin membentuk DPL, atau bentuk pengelolaan sumber daya pesisir lainnya, karena beberapa desa dari Minahasa Utara sudah/pernah mengelola DPL berbasis desa. Tujuan lainnya adalah untuk mendukung perumusan pengelolaan sumber daya pesisir berbasis masyarakat ke dalam RPJM Desa/Kampung atau RKP, dan menginisiasi adanya jejaring antar DPL di Minahasa Utara dan Kepulauan Sangihe. Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk mensosialisasikan hasil-hasil survey yang dilakukan Yapeka dan Sampiri di beberapa kampung di Sangihe dan Minahasa Utara, dengan harapan peserta dapat mengintegrasikan hasil survey ke dalam proses perencanaan desa/kampung.

Narasumber yang diundang dan hadir dalam kegiatan ini antara lain Kelompok DPL Desa Bahoi, Bakamla Provinsi Sulawesi Utara, Perkumpulan Sampiri, dan Yapeka. Hasil dari lokalatih ini adalah perwakilan desa dan kampung yang hadir sepakat untuk mengintegrasikan pengelolaan sumber daya pesisir berbasis masyarakat ke dalam RPJM Desa/Kampung. Peserta sangat antusias dan menyambut baik kegiatan ini, karena mereka memang membutuhkan fasilitasi dalam penyusunan RPJM Desa/Kampung. Materi lain yang berhubungan dengan penyusunan RPJM Desa/Kampung seperti pemetaan desa, juga disampaikan di dalam lokalatih ini. Tindak lanjut dari lokalatih ini diharapkan desa/kampung peserta dapat memetakan desa dan menyusun RPJM Desa/Kampung dengan fasilitasi dari Yapeka, Perkumpulan Sampiri, dan pihak-pihak terkait.

TINGGALKAN KOMENTAR