Restorasi Ekosistem di Halimun Salak

0
233

Dusun Cipicung, Kelurahan Kabandungan, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, merupakan salah satu dusun yang letaknya berbatasan dengan kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak. Dusun ini dihuni 46 kepala keluarga, dimana pendapatan  masyarakat pada umumnya adalah petani dan pekerja buruh.

Kawasan Blok Cipicung yang akan dilakukan kegiatan program restorasi seluas 70 hektar, beberapa lokasi masyarakat telah melakukan pertanian yang memasuki kawasan koridor yang berada dalam kawasan taman nasional. Berdasarkan pendataan terakhir, masyarakat yang masuk ke dalam wilayah itu sebanyak 20 orang (Tabel 1)

Masyarakat Cipicung dengan dukungan dari YAPEKA telah membentuk kelompok untuk kegiatan restorasi ini.Kegiatan tersebut sepenuhnya didukung oleh pengelola kawasan yaitu TNGHS.  Dengan adanya kelompok masyarakat setempat yang berada di kawasan koridor akan memberikan kapasitas pula kepada masyarakat untuk rehabilitasi lahan di kawasan koridor.  Kegiatan pembibitan dan penanaman akan dilakukan oleh masyarakat setempat.  Program restorasi ini tentu tidak cukup dengan kegiatan yang hanya satu tahun namun perlu keberlanjutan kegiatannya agar bibit dapat dipastikan hidup dan berkembang dengan melibatkan masyarakat setempat di kawasan koridor untuk pemantauan ke depannya.

Program Restorasi Ekosistem Koridor Halimun Salak Bersama Masyarakat di Dusun Cipicung, Desa Kabandungan ini telah berlangsung sejak Bulan Oktober 2014.  Pada tahap triwulan pertama ini, beberapa kegiatan telah dilaksanakan antara lain sosialisasi ke TNGHS, Kelompok Masyarakat Dusun Cipicung, pelatihan restorasi, pengadaan bibit tanaman, serta pembuatan rintisan jalur penanaman serta penanaman sebagian bibit pada blok C.

Jenis-jenis pohon yang telah dibibitkan sebanyak 23 jenis (jenis-jenis tumbuhan terlampir), dan masyarakat sudah mengumpulkan 20.000 bibit. Saat laporan triwulan ini disusun, akhir Desember 2014, telah dilakukan pembukaan rintisan jalur tanam dan penanaman sebanyak 10.000 bibit tertanan yang dilakukan pada :

  1. Sub-blok C sebanyak 3.000 bibit.
  2. Sub-blok F sebanyak 4.800 bibit.
  3. Sub-blok G, sebanya 2.200 bibit.
  4. Sub-blok lainnya sedang dipersiapkan jalur.

TINGGALKAN KOMENTAR