Restorasi Ekosistem Koridor Halimun Salak

0
237

IMG_res1.JPG

Yapeka bersama Masyarakat Cipicung dengan dukungan pendanaan dari KEHATI telah melakukan beberapa langkah terkait dengan kegiatan restorasi koridor TNHGS TNHGS ( Taman Nasional Halimun Gunung Salak). Kegiatan Restorasi ini tidak semata mata kegiatan penanaman saja namun juga menyangkut kegiatan pendampingan dan pemberdayaan masyarakat.
Dengan dukungan Yapeka masyarakat Cipicung tergerak membantuk kelompok untuk kegiatan Restorasi ini. Kegiatan tersebut didukung sepenuhnya oleh pengelola TNHGS ( Taman Nasional Halimun Gunung Salak ). Sebagai masyarakat setempat yang berada di kawasan koridor,kelompok yang telah terbentuk akan memeberikan kapasitas untuk rehabilitasi di kawasan koridor tersebut.
Program Restorasi ini tidak cukup dengan kegiatan satu tahun namun perlu keberlanjutan, agar bibit dapat dipastikan hidup dan berkembang dengan melibatkan masyarakat setempat di kawasan koridor untuk pemantauan kedepanya.
Secara khusus, tujuan program restorasi ekosistem ini sesuai dengan kerangka acuan, antara lain :
1. Melakukan penguatan kelompok masyarakat yang sudah ada untuk berpartisipasi dalam pembibitan, penanaman dan pemeliharaan.
2. Melakukan pendidikan lingkungan dan penyadartahuan konservasi kawasan koridor dan manfaat restorasi, kepada masyarakat dan sekolah.
3. Melakukan pembibitan tanaman hutan jenis local ( Native Species ), sebanyak 30 jenis yang berbeda.
4. Melakukan penyiapan lahan, penanaman secara bertahap dan penanaman massal di kawasan Blok Cipicung.
5. Melakukan pemeliharaan tanaman yang telah ditanam dan pemetaan areal penanaman.
6. Melakukan monitoring secara partisipatif.
Dengan demikian manfaat langsung kegiatan ini dapat dirasakan berbagai pihak. Manfaat langsung yang dapat di rasakan oleh masyarakat Cipicung adalah keterlibtan sebagian masyarakat dalam kegiatan mulai dari penyiapan bibit, penanaman, pemeliharaan serta pengamanan.
Kawasan Konservasi tertanam sekurang – kurangnya 42.000 bibit pohon dengan 30 jenis yang berbeda. Kehati dan Chevron, memberikan bantuan untuk kegiatan yang diperlukan dan bermanfaat dilingkungan.