Alasan Kenapa Harus Mulai Makan Kacang-kacangan

By in
396
Alasan Kenapa Harus Mulai Makan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan. Tentu yang terlintas dibenak kita adalah kacang tanah kulit atau kacang atom yang biasa kita makan sebagai teman mengobrol atau menonton televisi. Sebenarnya, kacang-kacangan tidak hanya terbatas pada kacang tanah semata, melainkan termasuk di dalamnya beras, jagung, kacang hijau, ketan, kacang pinto, kacang merah, kacang cranberry, dan sebagainya. Kacang-kacangan di Indonesia hadir dalam kudapan mixed beans yang berisi berbagai macam kacang dalam satu toples.

Diet kacang memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Meskipun kacang-kacang merupakan salah satu bahan makanan penyedia karbohidrat dan protein, mereka cukup nyaman di kelompok sayur-sayuran. Menawarkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang diperlukan tubuh seperti kawan-kawannya di kelompok sayuran.

Di benua negara-negara maju seperti Eropa dan Amerika Utara, ini merupakan salah satu bahan penting dalam diet, baik mereka yang vegetarian maupun omnivoran. Beberapa manfaat yang didapat oleh tubuh saat mengkonsumsi kacang-kacangan adalah antara lain:

Dapat Mengurangi Resiko Kanker

Menurut studi penelitian Food Research International Journal tahun 2015 mengenai perubahan komposisi fenolik kacang buncis olahan, antioksidan dan efek anti-inflamasi pada sel kanker usus, diketahui bahwa kacang-kacangan bertindak sebagai antioksidan yang membantu memerangi sel kanker.

Studi tahun 2016 dari Food Research International Journal mengenai hemaglutinin yang diisolasi dari kacang hitam Cina Timur Laut memicu disfungsi mitokondria dan apoptosis pada sel kanker kolorektalm, membuktikan mampu menghambat sel kanker usus.

Kacang-kacangan Dapat Mengontrol Nafsu Makan

Mengkonsumsi kacang-kacangan terbukti mampu mengontrol nafsu makan. Hal ini dikarenakan zat fibrin dan pati memberikan rasa penuh, serta mencegah kekenyangan dan pada akhirnya membantu mengurangi berat badan.

Menyehatkan Saluran Pencernaan

Menurut studi diterbitkan di pubmed.gov, kacang-kacangan yang kaya serat mampu menyehatkan saluran pencernaan dengan meningkatkan fungsi dinding pencernaan dan meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus.

Baik untuk Ibu Hamil

Kacang-kacangan bagus dikonsumsi oleh ibu hamil karena mengandung asam folat yang diperlukan oleh janin dalam kandungan. Selain itu, kacang-kacangan membantu perkembangan janin.

Mencegah anemia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kacang-kacangan mengandung zat-zat mineral yang diperlukan oleh tubuh. Kacang-kacangan mampu mencegah anemia karena kandungan zat besi di dalamnya yang membantu membentuk sel darah merah.

Demikian beberapa manfaat kacang-kacangan bagi tubuh kita. Apakah kawan tertarik untuk memulai diet kacang-kacangan?

 

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Share on Google+
Google+
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Translate »