Cara Kami

cara kami

bekerja bersama masyarakat

 “Datangi mereka, tinggallah bersama mereka, dan mulailah dari apa yang mereka punya. Buat rencana lalu bangunlah rencana itu dari apa yang mereka punya dan ketahui. Sampai akhirnya, ketika perkerjaan usai, mereka akan berkata: kamilah yang telah mengerjakannya ” – Lao Tze.

Kutipan kata Lao Tze inilah yang menjadi dasar pendekatan dan pemikiran kami dalam memecahkan permasalahan sumber daya alam. Kami mengidentifikasi masalah, kemudian mengundang masyarakat untuk berdiskusi bersama mencari solusi lalu membimbing mereka dengan pemberdayaan dalam peningkatan kapasitas manajemen sumber daya alam yang berkelanjutan.

tiga aspek pendekatan kami

Tiga aspek penting dalam mewujudkan Visi dan Misi kami adalah: Aspek Ekologi, Aspek Sosial, dan Aspek Ekonomi. Ketiga aspek tersebut dipersatukan dalam kerangka Ekonomi Hijau (Green Economy) dimana merupakan suatu upaya yang menghasilkan kesejahteraan dan keadilan sosial namun mampu mengurangi resiko dan kelangkaan ekologis secara nyata serta pembangunan rendah karbon, menggunakan sumber daya yang efisien dan melibatkan masyarakat luas.

membentuk kolaborasi

Untuk mewujudkan visi dan misi, kami juga berkolaborasi dengan Lembaga Pemerintah, Sektor Swasta, Universitas, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta Lembaga Internasional yang memiliki tujuan serta visi dan misi yang sama dengan kami.

Konsorsium
Nusa utara

Merupakan kolaborasi antara Perkumpulan YAPEKA, Perkumpulan Sampiri, dan Koperasi Masentra dengan kegiatan bertemakan pertanian dan sertifikasi organik di Kepulauan Sangihe dan sekitarnya.

Konsorsium
Blue Carbon

Didukung oleh MCA Indonesia, Perkumpulan YAPEKA berkolaborasi dengan TRANSFORM NTB-NTT dan PKSPL-IPB untuk proyek bertemakan “Pengelolaan Pengetahuan Tata Kelola Sumberdaya Pesisir Rendah Emisi di Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur”

Konsorsium
imbau

Tim Integrated Tiger Habitat Conservation Program (ITHCP) atau Konsorsium IMBAU merupakan kolaborasi antara WWF, Perkumpulan YAPEKA, dan INDECON dalam upaya program konservasi harimau di Rimbang Baling

Pelajari Aktivitas dan Kegiatan-Kegiatan Kami

Translate »