Dubalang, Sang Penjaga Hutan Larangan Adat "Imbo Batu Dindiang", SM Bukit Rimbang Bukit Baling

By in , , ,
27
Dubalang, Sang Penjaga Hutan Larangan Adat "Imbo Batu Dindiang", SM Bukit Rimbang Bukit Baling

Desa-desa di kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling, masih kental dengan adat istiadatnya. Dubalang adalah salah satu perangkat adat yang bertugas menjaga dan mengawal ketertiban dan keamanan desa. Salah satu upaya perlindungan dan pelestarian hutan yang sedang kami jalankan yaitu pelibatan Dubalang dalam perlindungan dan pengamanan kawasan hutan larangan adat di Desa Tanjung Belit, Kec. Kampar Kiri Hulu, Kab. Kampar-Riau.

Gambar 1. Plang Kawasan Hutan Larangan Adat “Imbo Batu Dindiang”.

IMBAU dan BBKSDA Riau memberikan pembekalan/pelatihan, praktek penggunaan peralatan & simulasi untuk setiap dubalang yang ikut dalam kegiatan patroli hutan larangan adat. Sebagian besar dubalang adalah pemuda-pemuda desa yang memiliki kepedulian lebih terhadap alam dan lingkungannya. Diharapkan dengan adanya peran masyarakat secara langsung melalui kegiatan bersama Dubalang, hutan yang ada di Desa Tanjung Belit secara khusus dan hutan di Bukit Rimbang Bukit Baling.

Gambar 2. Patroli dubalang di kawasan Hutan Larangan Adat “Imbo Batu Dindiang”.

Masyarakat merupakan element yang selalu ada dan hadir di kawasan SM Bukit Rimbang Bukit Baling, pelibatan masyarakat dalam upaya perlindungan kelestarian kawasan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Pemerintah, NGO, Private sektor bersama masyarakat senantiasa berkolaborasi dan bergandengan tangan untuk menjaga serta melindungi kelestarian alam khususnya SM Bukit Rimbang Bukit Baling demi generasi mendatang.

54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »