Jadilah Relawan Setidaknya Sekali Seumur Hidupmu

By in ,
3450
Jadilah Relawan Setidaknya Sekali Seumur Hidupmu

Menjadi relawan (volunteer), sesuai dengan namanya, mengerjakan sebuah pekerjaan atau membantu sebuah kausa sosial tanpa mengharapkan bayaran sedikitpun. Di dunia yang dipenuhi dengan hal-hal yang dapat diukur secara materiil, menjadi seorang volunteer memang tidak dapat diukur secara materiil. Namun dari kegiatan kesukarelaan inilah banyak hal-hal positif yang kawan bisa dapatkan dengan menjadi seorang relawan.

Kenapa sih kamu harus menjadi seorang volunteer setidaknya sekali seumur hidupmu? Nah, beberapa hal positif inilah yang bisa kawan dapatkan saat menjadi seorang relawan:

Menambah Jaringan Teman
Kamu akan bertemu dengan berbagai macam orang dari berbagai latar belakang, yang tentunya akan memperkaya jaringan teman dan kerjamu. (foto: pixabay)

Kegiatan volunteering biasanya diikuti oleh berbagai orang-orang dari berbagai latar belakang pendidikan. Mereka akan bersama-sama bekerja denganmu dan tentunya relasi akan terbangun. Siapa tahu diantara mereka ada yang sedang merintis bisnis atau memiliki proyek sampingan yang menghasilkan dan membutuhkanmu.

Menjadi Relawan Dapat Meningkatkan Kapasitas Profesional
Mengikuti kegiatan relawan bukan berarti kamu setengah-setengah lho kawan! (foto: pixabay)

Meski kegiatan kesukarelaan, kamu akan tetap diminta mengerjakan pekerjaan secara penuh dan tidak setengah-setengah. Disinilah kamu akan menempa kapasitas profesionalmu dengan pengalaman-pengalaman yang kamu dapatkan selama ikut kegiatan relawan.

Mengasah Kepercayaan Diri
Kamu akan merasakan kepercayaan dirimu meningkat dengan mengikuti kegiatan relawan (foto: pixabay)

Seringkali kamu akan diminta masukan dan pendapatnya oleh rekan-rekan sejawat di dalam kegiatan relawan yang kamu ikuti. Kemampuan berbicara di depan umum akan mengasah kepercayaan dirimu menjadi semakin tinggi.

Membuatmu Semakin Bersyukur
Kamu akan seringkali merasa bersyukur dengan kehidupanmu yang sekarang di saat kamu mengikuti kegiatan relawan (foto: pixabay)

Tempat-tempat kamu melakukan kegiatan sukarela tidak selamanya beruntung seperti dirimu. Disinilah kamu akan diasah rasa empatinya untuk menolong mereka yang kurang beruntung dan pada akhirnya dapat membuatmu menjadi semakin bersyukur.

Meningkatkan rasa empati
Cobalah untuk menolong dan merasakan ‘memakai sepatu mereka’ (foto: pexels)

Kepekaanmu terhadap sesama akan terlatih dengan menjadi seorang volunteer. Kamu akan sadar bahwa ada banyak orang yang memerlukan pertolongan. Hidup di kota besar membuat sifat orang semakin individualistis dan tidak pedulian.

Itulah beberapa manfaat yang kamu dapatkan bila kamu memutuskan sekali dalam hidupmu untuk menjadi seorang volunteer. Memang kamu tidak akan mendapatkan penghargaan secara materiil, melainkan kamu akan merasakan kepuasan batin dalam menolong sesama.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Translate »