Membentuk Desa Ekowisata di Desa Batas Kawasan Konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak

By in ,
33
Membentuk Desa Ekowisata di Desa Batas Kawasan Konservasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Kawasan konservasi merupakan kawasan khusus. Kawasan yang diperuntukkan untuk perlindungan bagi flora dan fauna yang tinggal di dalamnya, khususnya bagi spesies-spesies yang terlindungi. Pembentukan kawasan ini merupakan usaha bersama pemerintah, para pemangku kepentingan terkait, serta masyarakat. Masyarakat adalah komponen subjek terpenting di dalam konservasi. Dikarenakan masyarakat yang tinggal di sana memanfaatkan sumber daya alam di sekitarnya dalam kegiatannya sehari-hari.

Agar masyarakat dapat membantu dalam kegiatan konservasi, tentu ada beberapa hal yang perlu dikembangkan, salah satunya adalah perekonomian masyarakat desa. Bila masyarakat merasa memiliki kawasan konservasi dan memberikan hasil dalam arti perekonomian, langsung ataupun tidak, masyarakat akan mulai mengembangkan perekonomian alternatif dan mulai mendukung keberadaan kawasan konservasi.

Inilah yang dilakukan oleh Tim Yayasan YAPEKA. Bersama-sama dengan Pertamina Geothermal, Star Energy dan Yayasan KEHATI, mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi ramah lingkungan serta berkelanjutan. Contoh pengembangan kegiatan ekonomi antara lain pengembangan perikanan, pertanian, serta Community Based Tourism atau biasa disebut sebagai desa ekowisata.

Selain pengembangan kegiatan ekonomi, sisi lingkungannya juga akan dikembangkan dalam bentuk kegiatan argoforestry. Sistem pengelolaan sampah juga akan dikembangkan untuk menanggulangi permasalahan sampah akibat pengembangan daerah pariwisata. Masyarakatnya pun juga akan dilatih penyadartahuan tentang pelestarian lingkungan, baik ditingkat umum maupun sekolah-sekolah di Desa Ciasihan.

Langkah awal dalam pembentukan desa ekowisata ini dimulai dengan menyusun sebuah dokumet bersama. Dokumet bersama berisi tentang rencana yang melibatkan para pemangku kepentingan, pemangku wilayah, dan operator serta pelaku wisata di Desa Ciasihan. Ini akan dirangkumkan dalam sebuah peta jalan (Roadmap) untuk pengembangan desa ekowisata selama lima tahun di Desa Ciasihan.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Translate »