15 Alasan Kenapa Kita Harus Sadar Lingkungan

By in
771
15 Alasan Kenapa Kita Harus Sadar Lingkungan

Sudahkah kita Sadar Lingkungan? Tak bisa dipungkiri bahwa aktivitas sehari-hari manusia perlahan-lahan merusak alam dan lingkungan. Manusia memanfaatkan sumber daya alam dan mengolahnya, namun bukan tanpa efek samping. Semua manfaat teknologi yang kita rasakan saat ini merupakan pengembangan yang memiliki environmental cost. Polusi air dan udara, pemanasan global, smog, hujan asam, deforestasi hutan, dan kebakaran hutan merupakan satu dari segelintir masalah lingkungan yang kita hadapi.

Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk merawat dan menjaga lingkungan, sesimpel seperti mengubah gaya hidup untuk mengurangi jejak karbon yang kita hasilkan sehari-hari sudah lebih dari cukup.

Berikut ini 15 alasan kenapa kita harus sadar lingkungan:
  1. Keanekaragaman hayati merupakan merupakan bagian penting dalam kehidupan kita – Keanekaragaman hayati tidak hanya terdiri atas hewan-hewan yang tinggal di atas bumi, namun juga hutan, padang rumput, tundra, yang juga penting untuk menjaga lingkaran kehidupan dari ekosistem.
  2. Cara seseorang merawat dan melindungi lingkungan merefleksikan kepribadiannya – kita cenderung memperlakukan orang lain seperti kita memperlakukan lingkungan sekitar kita, oleh karena itu cara kita memperlakukan lingkungan sangat berpengaruh terhadap kepribadian kita. Semakin kita memperlakukan lingkungan baik, merefleksikan kepribadian yang baik pula.
  3. Merupakan cara untuk memberi untuk generasi kita – Dengan sadar lingkungan, Kita akan lebih merasa bahagia bila sering memberi ketimbang mengambil. Dengan merawat lingkungan merupakan cara kita untuk memberi kepada sesama.
  4. Merawat hutan dapat mengurangi dampak pemanasan global – Penebangan hutan dan deforestasi menambah jumlah karbon dioksida. Hutan memperlambat proses pemanasan global, karena pohon menyerap gas karbon dioksida.
  5. Hutan memberikan kita udara yang bersih – Udara yang kita hirup menjadi lebih bersih karena pohon-pohon memiliki peran sebagai filter udara.
  6. Perlindungan lingkungan meransang stabilitas ekonomi– Banyak orang-orang yang mendapatkan pekerjaan karena hutan, dan banyak yang akan kehilangan pekerjaan bila hutan dibabat habis.
  7. Melindungi lingkungan membuat kita gembira – Banyak orang yang pergi ke hutan untuk mendapatkan ketenangan dan keseimbangan jiwa. Sudah dibuktikan secara ilmiah bahwa hutan dapat menjadi obat untuk stress mental.
  8. Lingkungan menyediakan sumber air tanah terbaik – Sekitar 20 persen air yang kita minum datang dari hutan. Di dalam ekosistem hutan, hujan dan kelembaban meresap ke dalam tanah dan membentuk tubuh air.
  9. Melindungi lingkungan membuat badan menjadi lebih sehat – Kualitas air yang ditemukan di hutan dapat meningkatkan kesehatan paru-paru serta banyak kegiatan yang dapat dilakukan di hutan seperti berjalan sehat maupun menapak tilas.
  10. Hutan menyediakan sumber daya alam mentah yang dibutuhkan dalam proses produksi – Hutan merupakan hal yang esensial di dalam lingkungan, dimana hutan menyediakan bahan baku seperti kayu dan karet. Manajemen hutan berarti ketersediaan dan penggunaan sumber daya alam secara berkelanjutan.
  11. Hutan merupakan habitat bagi berbagai macam spesies – Hampir setengah dari jumlah spesies di bumi ini tinggal di hutan. Pengrusakan hutan berarti pengrusakan ekosistem yang cukup luas.
  12. Merawat lingkungan adalah cara kita berterima kasih kepada alam – Pada hakikatnya, manusia merupakan makhluk konsumtif. Kita tidak dapat hidup tanpa sumber daya alam yang diberikan oleh alam. Kita mendapatkan energi dari batubara, minyak, dan cahaya matahari.
  13. Merawat lingkungan membantu mempertahankan ekosistem – Ekosistem saling terpengaruhi oleh satu sama lain. Perubahan dalam ekosistem berarti menempatkan beberapa spesies dalam bahaya kepunahan.
  14. Manusia memiliki kewajiban moral untuk merawat lingkungan – Manusia bertanggung jawab untuk merawat lingkungannya. Melindungi lingkungan merupakan pemenuhan kebutuhan kompulsif mereka.
  15. Merawat lingkungan berarti menyediakan sumber daya alam untuk generasi selanjutnya – Melindungi lingkungan tidak hanya bermanfaat untuk generasi saat ini, namun juga memberikan manfaat untuk generasi setelah kita. Bumi adalah warisan buat anak cucu kita.

 

Translate »