Pelatihan Pengembangan Usaha di Desa Dampingan Sekitar TN Way Kambas (Desa Braja Luhur, Labuhan Ratu VI dan Sukorahayu)

By in , ,
10
Pelatihan Pengembangan Usaha di Desa Dampingan Sekitar TN Way Kambas (Desa Braja Luhur, Labuhan Ratu VI dan Sukorahayu)

Program pelestarian habitat badak sumatera melalui peran masyarakat sekitar Taman Nasional Way Kambas (TFCA) Sumatera) telah memasuki triwulan ke-11. Tanggal 28-29 November 2020, dilakukan kegiatan pelatihan pengelolaan usaha peternakan ayam kampung dan pengenalan pemasaran produk secara daring (online). Pelatihan ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang pengelolaan usaha peternakan ayam kampung yang baik. Serta mengenalkan media daring (online) untuk pemasaran produk-produk yang dihasilkan kelompok usaha di Desa Braja Luhur, Labuhan Ratu 6, dan Sukorahayu. 

Perkembangan pemasaran melalui media daring (online) gratis sudah sangat pesat untuk saat ini. Melalui media ini, diharapkan produk-produk usaha bisa langsung diakses oleh konsumen. Secara tidak langsung mampu meningkatkan nilai penjualan produk yang berbanding lurus dengan kesejahteraan kelompok usaha maupun masyarakat di tiga desa tersebut.

Pelatihan dibuka oleh perwakilan dari pihak Taman Nasional Way Kambas, Yapeka dan Pemerintah Desa Braja Luhur. Serta dihadiri oleh perwakilan 4 kelompok usaha masyarakat (2 kelompok Pupuk Kompos, Perikanan dan Peternakan Ayam Kampung) dari Desa Braja Luhur, Labuhan Ratu 6, dan Sukorahayu. 

Harapannya, alternatif kegiatan ekonomi yang kami lakukan, mampu mendorong ekonomi dan  kesejahteraan bagi pelaku usaha berbasis masyarakat. Alternatif ekonomi berbasis masyarakat ini, diharapkan mampu mendukung program pelestarian habitat badak sumatera melalui peran serta masyarakat di sekitar Taman Nasional Way Kambas. 

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »