Penanaman Pakan Badak di Way Kambas

By in , ,
36
Penanaman Pakan Badak di Way Kambas

Masih dalam rangka peringatan Hari Badak Dunia, YAPEKA, TNWK, ALERT dan Mitra terkait yang didukung oleh SGP-ACB melaksanakan penanaman pakan badak sebagai wujud melestarikan badak sumatera melalui pemulihan habitat. Serta menambah ketersediaan jenis pakan badak di habitat alaminya dan sebagai upaya edukasi masyarakat secara luas dalam konservasi badak sumatera.

Gambar 1. Peserta Penanaman Pakan Badak

Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialialisasikan pentingnya konservasi badak dan habitatnya di TNWK, memberikan gambaran tentang kegiatan rehabilitasi lahan di TNWK, dan mendorong peran serta masyarakat dan pihak terkait dalam konservasi spesies melalui kegiatan rehabilitasi lahan dan pengayaan jenis pakan badak sumatera. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 17 Oktober 2020 di lokasi restorasi Bambangan, Resort Margahayu, SPTN III Kuala Penet, Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur. 

Gambar 2. Peserta dari perwakilan TN Way Kambas dan beberapa lembaga penggiat konservasi dalam kegiatan penanaman pakan badak.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan TNWK, YAPEKA, WCS-IP, PKHS, RPU-SRS, KHS-ERU, Konsorsium Unila-ALeRT, Himpasad, Ecolodge Indonesia, Forum Rembug Desa Penyangga, Komunitas Gowes Plang ijo, Pemandu Wisata Minat Khusus, dan Komunitas Pemuda Desa Rantau Jaya Udik II, serta beberapa penggiat konservasi lainnya. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, sebanyak 1000 batang bibit pakan badak yang telah ditanam secara berkala, di area reforestasi Bambangan.

Seluruh bibit yang ditanam, akan dikelola/dipantau oleh tim pengelolaan reforestasi Bambangan bersama dengan masyarakat dan TNWK. Dari hasil kegiatan ini diharapkan para peserta kegiatan memahami pentingnya menjaga habitat badak di Taman Nasional Way Kambas. Selain itu, juga menambah ketersediaan pakan badak di habitat alaminya. Tidak menutup kemungkinan kedepannya, hal ini dapat mendukung penyediaan pakan badak untuk kegiatan breeding yang dilakukan di SRS (Sumatran Rhino Sanctuary).

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »