Rencana Pengembangan Wisata Pantai Oesina

By in , , ,
31
Rencana Pengembangan Wisata Pantai Oesina

Dalam upaya pengembangan kawasan wisata Pantai Oesina di Desa Lifuleo, Kabupaten Kupang, YAPEKA melalui proyek COREMAP COREMAP – CTI Paket 2 berencana membangun pusat informasi wisata. Menindaklanjuti hasil survei rencana lokasi pembangunan pusat informasi wisata di Pantai Oesina, YAPEKA melakukan focus group discussion (FGD) dengan masyarakat Desa Lifuleo pada hari rabu, 18 November 2020. Tujuan dari FGD yang dilakukan adalah untuk mengetahui lokasi yang tepat yang dapat digunakan oleh pengunjung serta dikelola oleh masyarakat secara berkelanjutan ke depannya. FGD ini juga merupakan bentuk koordinasi yang dilakukan oleh YAPEKA untuk memicu partisipatif dari masyarakat setempat.

Gambar 1. Pembukaan acara oleh Bpk. Prianto Wibowo (Program Manajer Yapeka/kiri), Lukas Oktavianus Sanga (PLT Kepala Desa Lifuleo/tengah), dan Bpk. Rahmat (Kepala Seksi Pendayagunaan dan pengawasan BKKPN Kupang/kanan)

Kegiatan koordinasi pengembangan wisata di Pantai Oesina dihadiri oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Damai Lifuleo, pihak Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Lifuleo, perangkat Desa Lifuleo, dan BKKPN Kupang. BKKPN Kupang menyambut baik rencana pembangunan pusat informasi wisata di Pantai Oesina. BKKPN akan memberikan bantuan kerangka paus atau kerangka lumba-lumba untuk menunjang fungsi edukasi dari pusat informasi wisata. Pihak Desa Lifuleo juga menyambut baik tim YAPEKA terkait rencana pengembangan wisata di Pantai Oesina. Pusat informasi wisata diharapkan dapat menambah daya tarik bagi pengunjung Pantai Oesina. Pihak desa dan BUMDES telah memberikan dukungan berupa persetujuan penggunaan lahan di Pantai Oesina untuk dibangun pusat informasi. POKDARWIS Damai Lifuleo juga telah bersedia menerima hibah bantuan tersebut untuk dikelola secara berkelanjutan kedepannya.

Gambar 2. Suasana diskusi masyarakat dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD)

Rencana lokasi pembangunan pusat informasi wisata berada dekat dengan aula serbaguna Pantai Oesina yang merupakan centre zona wisata. BKKPN dan masyarakat telah menyetujui desain bangunan pusat informasi Pantai Oesina. Hasil koordinasi ini akan dijadikan sebagai pertimbangan penyusunan dokumen Environmental and Social Impact Assessment Report (ESIA).

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »