Resolusi 2019 yang Sustainable dan Bisa Kamu Lakukan

By in ,
3132
Resolusi 2019 yang Sustainable dan Bisa Kamu Lakukan

Kawan, tidak terasa sekali 2018 sudah berakhir dan berganti menjadi 2019. Bagi sebagian orang, pergantian tahun sering dijadikan sebagai awal mula baru dengan menetapkan resolusi yang ingin dijalankan pada tahun tersebut. Menetapkan resolusi membantu beberapa orang untuk tetap fokus pada tujuan dan gol yang ingin diwujudkan pada tahun tersebut. Beberapa contoh resolusi yang umum ditetapkan oleh orang banyak seperti ingin sehat, ingin membeli rumah, atau ingin lebih aktif bergerak.

Namun selain resolusi-resolusi umum tersebut, berikut ini ada beberapa resolusi tahun 2019 yang sustainable dan dapat kamu lakukan dengan mudah lho kawan. Resolusi ini tidak hanya bermanfaat untuk dirimu namun juga orang-orang disekitarmu serta lingkungan.

Bertekad mengurangi penggunaan plastik

Benda yang satu ini selalu ada disekitar kita dan memberikan efek yang merugikan bagi lingkungan. Di Indonesia sendiri ada sekitar 64 juta ton sampah plastik dibuang ke laut setiap tahunnya. Kamu bisa memulai resolusi mengurangi penggunaan plastik dengan membawa kantong belanja sendiri

Bertekad membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya

Yang satu ini sangat sederhana dan sangat mudah, namun terkadang sangat sulit untuk dilakukan. Tidak adanya ketersediaan tempat sampah membuat sebagian orang memilih untuk membuang sampah sembarangan.

Bertekad mengurangi emisi karbon

Membiasakan diri untuk mulai menggunakan sepeda atau berjalan kaki bagi kawan-kawan yang kantornya dekat dengan rumah bisa membantu mengurangi emisi gas buang karbon di bumi secara signifikan.

Bertekad mengurangi konsumsi daging merah

Dari sekian banyak sumber protein hewani, daging merah yang berasal dari sapi memberikan kontribusi emisi karbon yang cukup besar. Namun bukan berarti kita berhenti mengkonsumsi daging merah, karena daging merah juga memberikan nutrisi protein yang besar bagi tubuh kita. Cukup mengurangi intensitas kita dalam mengkonsumsi daging merah tersebut.

Bertekad selalu mematikan listrik yang tidak terpakai

Sebagian besar pembangkit listrik di Indonesia masih menggunakan bahan bakar minyak. Emisi karbon yang dilepaskan tentunya sangat banyak dan pemanfaatannya masih kurang efisien. Selain membantu mengurangi emisi dan mengurangi tagihan yang masuk, mematikan listrik yang tidak terpakai juga mengurangi resiko arus pendek listrik yang dapat menyebabkan kebakaran.

Itulah beberapa resolusi 2019 yang sustainable yang bisa kamu lakukan. Meskipun kecil namun akan sangat berdampak sekali bagi bumi kita.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Translate »