Rumah Boboca Desa Gangga Satu

By in , , ,
5
Rumah Boboca Desa Gangga Satu

Melaui proses panjang dari tahun 2017, akhirnya Rumah Boboca di sahkan di Desa Gangga Satu, Kecamatan Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Mulai 5 November 2020, telah berjalan kesepakatan area penutupan sementara (temporary closure) atau Rumah Boboca di Desa Gangga Satu. Pengesahan Rumah Boboca dituangkan dalam Peraturan Kepala Desa (PERKADES) Nomor 4 Tahun 2020, yang ditandatangani oleh Bapak Drs. Moses Corneles (Hukum Tua/Kepala Desa) dan Bapak Jenly Kadimateng (Sekretaris Desa).

Gambar 1. Penandatangan PERKADES Nomor 4 Tahun 2020, oleh Bpk. Drs. Moses Corneles (Hukum Tua/Kepala Desa) dan Bapak Jenly Kadimateng (Sekretaris Desa).

Luasan Rumah Boboca sebesar 5,83 hektar, terletak di depan pemukiman Gangga Satu (440 meter). Posisi ini mempermudah pengawasan guna memperkecil aktivitas penangkapan oleh nelayan dari dalam desa maupun diluar desa. Dalam berita acara PERKADES juga telah diatur sanksi bagi yang melanggar, yaitu sebagai berikut:

  1. Teguran/Peringatan Lisan.
  2. Surat Pernyataan bagi yang melanggar.
  3. Penyitaan Barang (alat-alat yang digunakan untuk aktvitas tangkap gurita di masa penutupan) serta tidak diizinkan untuk mengikuti panen (masa pembukaan Rumah Boboca).

Gambar 2. Rangkaian pemasangangan tanda batas (buoi) Rumah Boboca Desa Gangga Satu.

Rumah Boboca menjadi salah satu upaya masyarakat Desa Gangga Satu dalam meningkatkan nilai ekonomi boboca (gurita) melalui pengaturan waktu tangkap. Boboca di area ini hanya boleh ditangkap dalam waktu 3 bulan sekali, dengan masa tangkap terbatas selama 6 hari. Setelahnya, area akan ditutup kembali selama masa 3 bulan ke depan. Harapannya, nelayan boboca mampu menangkap boboca dengan ukuran besar, dimana berbanding lurus dengan nilai ekonominya untuk kesejahteraan para nelayan boboca di Gangga Satu

Gambar 3. Proses penimbangan gurita di salah satu pengepul Gurita (Boboca) di Desa Gangga Satu.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »