Surga Wisata Perairan Laut Sawu

By in , , ,
19
Surga Wisata Perairan Laut Sawu

Kabupaten Kupang adalah salah satu kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Timur yang memiliki berbagai potensi wisata. Menurut BPS Provinsi Nusa Tenggara Timur (2018), lebih dari 400 objek daya tarik wisata tersebar di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini didukung dengan banyaknya jumlah wisatawan mancanegara dan nusantara yang berkunjung  mengalami peningkatan sebesar 4% dari tahun 2017 sebanyak 938.618 orang menjadi 976.351 orang pada tahun 2018 (BPS, 2018). Salah satu potensi wisata terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Timur adalah kawasan Taman Nasional Perairan (TNP) Laut Sawu. Laut Sawu sebagai wilayah sentral dari TNP merupakan kawasan laut yang memiliki keanekaragaman perikanan, sumber daya laut serta potensi wisata budaya maupun wisata alam yang cukup menarik. Deretan pantai yang berada di sepanjang pesisir TNP Laut Sawu seolah menyihir para wisatawan untuk datang ke surga wisata ini.

Kupang

Gambar 1. Pantai Oesina, di Kupang.

Salah satu pantai yang tersembunyi di wilayah TNP laut Sawu adalah Pantai Oesina. Pantai Oesina memiliki pasir pantai yang putih dan debur ombak yang lembut, selain itu Pantai Oesina memiliki pesonanya yang indah di kala matahari terbenam. Tidak hanya itu, Pantai Oesina juga memanjakan wisatawan yang memiliki hobi memancing dan berlayar dengan menyediakan perahu yang bisa di sewa. Mayoritas penduduk yang menjadi petani rumput laut dan nelayan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk langsung dapat melihat aktifitas para petani secara langsung.

Sabu Raijua

Gambar 2. Pantai di Pulau Sabu Raijua.

Sabu merupakan nama sebuah pulau yang terletak di sebelah selatan perairan Laut Sawu. Potensi wisata yang terdapat Pulau Sabu tidak kalah menarik dari kawasan TNP laut Sawu lainnya. Bukit Pelangi Kalabba Maja merupakan hamparan lembah dan memiliki beberapa tebing dengan bentuk yang unik. Keindahannya tidak kalah dengan keindahan Grand Canyon di Amerika. Selain lembah yang indah, Pulau Sabu memiliki beberapa kawasan pantai yang indah antara lain Pantai Seba, Pantai Napae, Pantai Raimea, Pantai Bollow, Pantai Lobohede, Pantai Ege, dan Pantai Raijua. Masing-masing kawasan pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang indah dan air laut yang masih jernih berwarna biru.

Pulau Sumba

Gambar 3. Pantai Walakiri, Sumba

Gambar 3. Pantai Walakiri, di Pulau Sumba.

Pulau Sumba adalah sebuah pulau di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang berbatasan dengan Laut Sawu di bagian Timur. Kabupaten Sumba Timur merupakan salah satu kabupaten dari empat kabupaten yang berada di Pulau Sumba. Sumba Timur telah lama dikenal dengan topografi perbukitannya yang eksotis. Beberapa bukit yang terkenal dengan keindahannya antara lain Bukit Warinding, Bukit Tanarara, Bukit Persaudaraan Mauliru, dan Bukit Mondu. Selain kawasan bukit, Sumba Timur juga menyimpan keindahan pantai yang tidak kalah menarik seperti Pantai Walakiri, Pantai Tarimbang, Pantai dan Padang Savana Puru Kambera, Pantai Watuparunu, dan Pantai Padadita

Pulau Rote

Gambar 4. Pantai Leli, di Pulau Rote.

Pulau yang tidak kalah indah di kawasan TNP Laut Sawu adalah Pulau Rote. Pulau Rote merupakan pulau terbesar yang terletak di kawasan Kepulauan Rote.  Pulau Rote juga menyimpan berbagai destinasi wisata yang menarik, diantaranya yaitu Pantai Leli, Pantai Nembrala, Pantai Oeloloi, dan Mulut Seribu. Pantai Nembrala merupakan pantai pasir putih yang indah dengan ombak yang selalu ditunggu. Tidak hanya itu, momen matahari tenggelam di sore hari serta aktivitas petani rumput laut menjadi pemandangan yang tidak bisa dilupakan. Pantai Oelolot merupakan pantai yang belum terjamah oleh banyak wisatawan. Keadaan alam yang indah dengan hamparan pasir putih sepanjang pantai menjadikannya sebagai tempat wisata yang eksotis. Mulut Seribu merupakan teluk dengan air yang tenang berwana hijau jernih dan dikelilingi karang-karang kecil yang ditumbuhi tanaman bakau. 

 

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »