SURVEI CALON LOKASI PUSAT INFORMASI WISATA DI PANTAI OESINA

By in , , ,
8
SURVEI CALON LOKASI PUSAT INFORMASI WISATA DI PANTAI OESINA

Salah satu destinasi wisata yang tersembunyi di Kupang, Nusa Tenggara Timur adalah Pantai Oesina. Pantai Oesina terletak di Desa Lifuleo, Kupang Barat memiliki pasir pantai yang putih dan debur ombak yang lembut, Pantai Oesina memberikan keteduhan mata bagi setiap orang yang memandang. Tak hanya itu, pesona lain yang dimiliki Pantai Oesina diantaranya keindahan kala matahari terbenam dan pasir putih yang lembut, serta aktifitas budidaya rumput laut oleh warga pesisir pantai.

Gambar 1. Pantai Oesina

Sarana pendukung wisata telah tersedia di pantai oesina, tetapi masih belum termanfaatkan secara optimal. Diantaranya terdapat bangunan aula yang terbengkalai, serta tidak terdapat denah ataupun pusat informasi terkait fasilitas yang terdapat di lokasi. Selama ini pengunjung wisatawan lokal saja yang melirik keindahan pantai Oesina, namun wisatawan asing belum menganggapnya sebagai wisata yang prioritas karena dirasa kurang terurus. Survei lokasi rencana pembangunan pusat informasi wisata dilakukan supaya bangunan dan fasilitas yang belum beroperasi secara optimal, mampu hidup kembali dan menjadi fasilitas penunjang ekowisata di Pantai Oesina.

Gambar 2. Team Survey di Panatai Oesina

Rencana pembangunan pusat informasi wisata melalui proyek COREMAP-CTI Pemanfaatan Kawasan Konservasi Perairan oleh Masyarakat Secara Berkelanjutan berfungsi sebagai suatu pusat atau suatu wadah yang digunakan untuk memberi informasi lengkap kepada masyarakat berkenaan dengan pariwisata dan pengembangan wisata yang berada di Pantai Oesina. Pembangunan pusat informasi wisata diharapkan dapat menambah nilai jual Pantai Oesina serta memberikan edukasi bagi para pengunjung terkait paket ekowisata yang dapat dinikmati pengunjung.

Gambar 3. Foto bersama team survey calon lokasi pusat informasi wisata di Pantai Oesina.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »