Pelaksanaan Survei KAP Desa Braja Yekti Tahun 2018

By in
781
Pelaksanaan Survei KAP Desa Braja Yekti Tahun 2018

Apa itu Survei KAP? KAP sendiri merupakan singkatan dari Knowledge, Attitude, Practice. Maka Survei KAP merupakan salah satu metode untuk mengetahui secara tepat tingkat pendidikan dan pengetahuan, kecenderungan sikap dan perilaku masyarakat penerima manfaat. Survei ini dilakukan juga untuk melihat profil masyarakat setempat. Apakah program pemberian manfaat sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pelaksanaan Survei KAP memerlukan beberapa enumerator. Enumerator merupakan orang yang melakukan enumerasi, yaitu orang yang mengumpulkan dan menarik data. Enumerator memiliki tugas untuk melakukan pencatatan dan pencacahan data yang didapat dari setiap responden yang jumlahnya sudah ditentukan.

Enumerator diperlukan untuk mengisi kuesioner berdasarkan keterangan responden (foto: dok Perkumpuan YAPEKA)

Untuk mendapatkan keterangan dari para responden, seorang Enumerator memiliki instrumen bernama kuesioner. Kuesioner merupakan sekumpulan daftar pertanyaan yang ditujukan kepada responden untuk mendapatkan data. Adakalanya kuesioner dites dulu untuk melihat apakah variabel-variabel yang digunakan sudah sesuai dengan tujuan survei.

Setelah data dikumpulkan, data dianalisis dan diproses sehingga didapatkan profil lengkap masyarakat setempat. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung rekomendasi dan rencana program yang diimplementasikan.

Survei KAP Desa Braja Yekti, Taman Nasional Way Kambas

Akhir Juli 2018 lalu Tim Perkumpulan YAPEKA melakukan Survei KAP di Desa Braja Yekti. Tujuan Survei KAP dilakukan untuk mendukung program pelestarian badak Sumatera melalui peran masyarakat di sekitar Taman Nasional Way Kambas yang berlangsung selama 2018 sampai dengan 2021.

Enumerator sedang menemui responden untuk melengkapi kuesioner, Survei KAP Desa Braja Yekti 2018 (foto: dok Perkumpulan YAPEKA)

Program ini bertujuan untuk melindungi kawasan Taman Nasional Way Kambas sebagai habitat badak Sumatera melalui kegiatan peningkatan ekonomi masyarakat dan pelibatan masyarakat dalam usaha konservasi badak Sumatera. Tim Perkumpulan YAPEKA akan melakukan koordinasi dan bersinergi dengan para pemangku kepentingan, antara lain Balai Taman Nasional Way Kambas, Lembaga-Lembaga mitra Taman Nasional Way Kambas, serta Pemerintah Desa di lokasi dampingan.

Tim Enumerator Survei KAP Desa Braja Yekti, 2018 (foto: dok Perkumpulan YAPEKA)

Penyiapan enumerator dilakukan di lokasi pengambilan data dan dimulai dengan perekrutan enumerator. Tim Perkumpulan YAPEKA berjumlah 3 orang dan 4 orang dari grup komunitas lokal. Coaching enumerator dilakukan pada tanggal 25 Juli 2018 oleh rekan kami, Topan Cahyono, untuk menyamakan persepsi terkait data yang diperlukan serta teknik pengambilan data menggunakan kuesioner yang sudah disediakan.

Selanjutnya, hasil data Survei KAP akan dianalisis dan dibuat menjadi sebuah laporan komprehensif sebagai acuan pengembangan program pelestarian badak Sumatera di Taman Nasional Way Kambas.

 

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
Translate »