KATALOG BLUE MENU: Kumpulan Paket - Paket Kegiatan Desa yang Mendukung Pelestarian Wilayah Pesisir Laut

By in , , ,
9
KATALOG BLUE MENU: Kumpulan Paket - Paket Kegiatan Desa yang   Mendukung Pelestarian Wilayah Pesisir Laut

Setiap Desa mendambakan untuk mewujudkan desa yang maju dan mandiri secara Indeks Desa Membangun. Tak terkecuali desa-desa pesisir laut di Kabupaten Minahasa Utara, dimana turut mendukung Percepatan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan melalui SDGs Desa.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 137 tahun 2017 tentang Kode dan Data Wilayah Administrasi Pemerintahan. Kabupaten Minahasa Utara memiliki 10 kecamatan, 6 kelurahan dan 125 desa. Sebesar 80% desa/kampungnya (128 Desa) berada di wilayah pesisir laut.

Kehadiran buku “Katalog BLUE MENU” diharapkan mampu memberikan panduan bagi Pemerintahan Desa/Kampung di wilayah pesisir. Dapat digunakan untuk merencanakan, menganggarkan, dan melaksanakan Kegiatan Pembangunan Desa/Kampung yang berorientasi kesejahteraan masyarakat nelayan, pengelolaan wilayah pesisir laut secara lestari dan berkelanjutan.

Paket Katalog Blue Menu

Buku “Katalog BLUE MENU” berisikan paket-paket yang mengakomodir kegiatan, sub bidang dan bidang pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang ada di Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa dan SDGs Desa, sebagai arah kebijakan pembangunan desa pemberdayaan masyarakat desa yang telah tertuang dalam Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 21 tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Paket-paket kegiatan dalam “Katalog BLUE MENU” merupakan menu-menu pilihan yang dapat dipilih oleh Pemerintahan Desa/Kampung dalam merencanakan, menganggarkan paket kegiatan pembangunan desa/kampung dan pemberdayaan masyarakat desa/kampung yang berorientasi kesejahteraan masyarakat pesisir serta pengelolaan wilayah pesisir laut secara lestari dan berkelanjutan, sesuai dengan SDGs Desa dan mengacu pada Sistem Keuangan Desa.

Paket-paket kegiatan dalam buku ini, merupakan turunan dari kegiatan dalam 5 (lima) bidang pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, yakni :

1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintahan Desa,
2. Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa,
3. Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa,
4. Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan
5. Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat dan Mendesak Desa.

 

Gambar 2. Contoh paket kegiatan 4, pemberdayaan Masyarakat desa.

 

Gambar 3. Contoh paket kegiatan 5, bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak desa.

Hadirnya buku “Katalog BLUE MENU” ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi Pemerintahan Desa/Kampung yang berada di wilayah pesisir laut atau pulau-pulau kecil dalam peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya nelayan kecil dan pengelolaan wilayah pesisir desanya secara lestari dan berkelanjutan. Buku KATALOG BLUE MENU dapat didownload di link berikut “Buku KATALOG BLUE MENU”

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »