Teripang untuk pelestarian Lamun

By in ,
11
Teripang untuk pelestarian Lamun

Pengelolaan Ekosistem Lamun adalah program yang berkelanjutan untuk menyokong perikanan skala kecil, dan menjaga populasi Dugong di Sangihe. Dalam kegiatannya, program ini ingin memperkuat ketahanan pangan daerah pesisir berbasis masyarakat, dan mengolah perikanan skala kecil berkelanjutan dengan budidaya teripang, tujuannya agar tidak terjadi lagi perburuan dugong. Program ini sendiri akan dilaksanakan di dua kampung sasaran langsung yaitu Kampung Bukide Timur (Kecamatan Nusa Tabukan) dan Kampung Bulo (Kecamatan Tabukan Selatan).

Struktur yang telah disepakati bersama telah tertuang dalam berita acara pembentukan kelompok KKP dan Budidaya Teripang di kampung Bulo.

Mener Edwin Langi memberikan pemaparan mengenai jenis-jenis teripang yang ada di kampung Bulo berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan bersama kapitalaung dan tim. Pemaparan Mener Edwin juga menyangkup luasan pemasaran teripang dan harga jualnya. Masyarakat sangat antusias mendengarkan pemaparan dari mener Edwin Langi dan sangat aktif bertanya untuk memperjelas pemahaman.

Di Bulo terdapat beberapa jenis Teripang, yaitu:

Cerah Hitam, Bintik Polos, Bintik Batik, Raja, Sepatu

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »