Penyusunan Rangka Paus untuk Materi Pameran di Pusat Informasi Ekowisata TNP Laut Sawu

By in ,
18
Penyusunan Rangka Paus untuk Materi Pameran di Pusat Informasi Ekowisata TNP Laut Sawu

Rangka paus akan berfungsi sebagai salah satu atraksi PIE di samping juga sebagai sarana pendidikan mengenai mammalia laut, khususnya dari kelompok taxa Cetacean, serta materi informasi khususnya mengenai Cetacean akan ditampilkan berupa infografis/poster dan juga berupa kerangka mammalia laut (paus pilot) beserta atlasnya.  Untuk menyiapkan rangka paus tersebut, perlu dilakukan penyusunan rangka paus yang berasal dari rangka paus mati yang telah terdampar dan dikuburkan di Pulau Sabu.

Waktu Pelaksanaan: (15 November- 4 Desember 2021),

Tempat: Pulau Sabu, PIE di Sabu dan PIE di pantai Oesina

Dengan tujuan utama perakitan rangka paus untuk kebutuhan materi pameran di Pusat Informasi Ekowisata di Sabu dan pantai Oesina skavasi dan pembersihan rangka paus.

Eskavasi/penggalian dan pemilihan rangka paus dilakukan pada kuburan paus yang telah dipilih, dan dilakukan besama masyarakat/tenaga lokal.

  1. Panjang rangka paus untuk keperluan materi pameran antara 5-8 m (misalnya paus pilot). Kegiatan eskavasi dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan rangka paus. Rangka paus yang diangkat sejumlah 2 individu.
  2. Pembersihan dan pemilhan rangka paus dilakukan setelah eskavasi dilakukan. Pembersihan rangka bertujuan untuk menghilangkan sisa-sisa daging/lemak yang menempel di tulang.
Gambar 1. Ekskavasi / Penggalian kerangka paus
  • Penyusunan dan perakitan rangka paus dilaksanakan dengan melibatkan tim BKKPN Kupang dan kelompok masyarakat.
  • Rangka paus yang telah disusun diletakkan di tempat yang disediakan di PIE Sabu.

Pengiriman rangka paus ke PIE Oesina

Salah satu individu rangka paus dikirim dari Pulau Sabu ke Pantai Oesina, untuk dilakukan perakitan kembali, sementara rangka paus yang telah disusun diletakkan di tempat yang disediakan di PIE di pantai Oesina.

Gambar 2. Pembersihan dan penyusunan

Dalam pelaksanaannya, Tim Penyusun Rangka Paus berkoordinasi dan dibantu oleh Tim BKKPN Kupang, Pemda Kab. Sabu Raijua, anggota POKDARWIS setempat, dan YAPEKA.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »