Pembukaan Rumah Boboca Desa Bulutui Tahap 2

By in ,
3
Pembukaan Rumah Boboca Desa Bulutui Tahap 2

Pada tanggal 23 Februari 2021 masyarakat desa Bulutui, khususnya para nelayan penangkap gurita  melakukan pembukaan kawasan “temporary closure” atau rumah boboca untuk yang ke 2 kalinya. Setelah sebelumnya pada pertemuan bersama tanggal 16 Februari pemerintah desa, nelayan dan pengumpul gurita  menyepakati bahwa tanggal 23 Maret adalah waktu pembukaan rumah boboca di Napo Ila. Pelaksanaan waktu pembukaan telah mengalami penundaan yang sebelumnya di sepakati pada tanggal 17 Januari (awal penutupan tahap 2 tanggal 1 Oktober 2020) tetapi karena faktor cuaca buruk akhirnya diundur.

Gambar 1. Masyarakat peserta pembukaan rumah boboca tahap 2, Desa Bulutui.

Sebagai pendukung kegiatan tim Yapeka berinisiatif menyediahkan beberapa hadiah bagi para nelayan yang terlibat dalam pembukaan rumah boboca antara lain bagi nelayan yang menangkap paling banyak, ukuran satu ekor paling berat dan nelayan yang menangkap paling pertama. Dalam acara pembukaan rumah boboca dihadiri oleh 19 perahu yang terdiri dari 4 pengumpul dan 15 perahu nelayan penangkap gurita. Proses berjalannya acara pembukaan adalah dimulai sejak jam 07.00 WITA, para nelayan dan pengumpul beserta beberapa perwakilan pemerintah melakukan doa bersama yang dipimpin oleh tokoh agama sebelum dilakukan penangkapan bersama di rumah boboca.

Setelah doa bersama para nelayan menuju ke lokasi rumah boboca dan melakukan penangkapan dengan kesepakatan gurita yang tertangkap harus lebih dari 0,5 kg per ekor dan alat yang bisa digunakan hanya pocong dan ketang. Belum sampai 5 menit di lokasi rumah boboca sudah ada nelayan yang berhasil menangkap gurita dan sampai pada jam 10.00 WITA atau total 3 jam melakukan penangkapan di rumah boboca total berat gurita yang tertangkap adalah 15 kg gurita.

Gambar 2. Penimbangan hasil tangkap rumah boboca

Proses penimbangan berat gurita dilakukan langsung di atas perahu pengumpul yang ikut hadir dan para pemenang langsung ditentukan saat proses penimbangan selesai. Para nelayan dan pengumpul berharap proses penutupan selanjutnya berjalan lebih baik karena melihat potensi tangkapan gurita saat pembukaan di rumah boboca desa Bulutui. Setelah melakukan kegiatan penangkapan bersama saat pembukaan tahap 2 ini, malam hari dilakukan pertemuan untuk mengevaluasi penutupan sebelumnya dan penyerahan hadiah bagi para pemenang saat pembukaan.

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »