Teripang

By in ,
8
Teripang

Jenis Teripang Bintik atau Batik (Bohadschia Argus), dengan kekhasan warna keputihan hingga coklat, yang hampir seluruh tubuhnya terdapat bintik hitam seperti mata.

Teripang Bintik termasuk jenis yang umum di jumpai, di beberapa lokasi keberadaannya melimpah seperti di perairan laut Kepulauan Sangihe, yang berbatasan dengan negara Filipina, biasanya sebagaian akan dikirim melalui Manado kota besar di Sulawesi Utara.

Berdasarkan data badan pangan dan pertanian PBB (FAO), pada tahun 2000 Indonesia merupakan penghasil teripang terbesar di dunia (2.500 ton) dengan tujuan utama cina, Singapura dan Taiwan, faktanya tren ekspor meningkat, tetapi teripang makin sulit di temui di perairan laut Indonesia.

Karena manfaat dan kebutuhannya yang tinggi, keberadaannya di alam terancam terutama jenis – jenis dengan regenerasi rendah serta menjadi jenis yang biasa di panen, untuk menjaga keseimbangan stok di alam, oleh negara di lakukan “Rencana Aksi Nasional” (RAN) Konservasi Teripang, secara berkala tiap 5 tahun yang merupakan rencana strategis di perairan laut dengan beragam pelibatan para ahli dan penggiat untuk penerapan tindak lanjut secara berkelanjutan.

📝 : Media KKP
📷 : Elisabeth Astari

Bagikan artikel ini
Share on Facebook
Facebook
0Tweet about this on Twitter
Twitter
Share on LinkedIn
Linkedin
54321
(0 votes. Average 0 of 5)
Translate »